Kelompok Benih dalam Pengujian Mutu

Kelompok benih yang akan diuji harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

Volume
Volume kelompok benih harus memenuhi aturan asosiasi pengujian mutu benih internasional (ISTA Rules, 2004) sebagaimana terurai pada tabel 1 dengan toleransi 5%, kecuali untuk benih tanaman semak (herbage) dan benih tanaman hias (amenity seed) yang dikirim dalam bentuk curah (bulk) dimana benih tidak dimasukkan dalam kantung benih (sachet). Bila kelompok benih melebihi ketentuan volume, maka kelompok yang besar tadi harus diubah sesuai ketentuan, kemudian harus dipisahkan dan masing-masing diberi tanda.

Homogenitas
Kelompok benih harus dihomogenkan sedemikian rupa sehingga tidak ada catatan/keterangan heterogen. Apabila ada keterangan heterogen maka dapat dilakukan pengujian heterogenitas pada kelompok benih tersebut dengan mengambil beberapa wadah.
 
Wadah
Setiap mwadah harus ditutup rapat/disegel dan diberi label atau tanda untuk memudahkan identifikasi kelompok benih. Benih dalam bentuk curah atau wadah tidak tertutup tidak dapat disertifikat.

Penandaan dan penutupan wadah
Pada saat pengambilan contoh, semua wadah harus diberi label/ tanda untuk menunjukkan identitas kelompok benih. Identitas contoh kirim mengikuti identitas kelopmpok benih yang diambil. Petugas pengambil contoh bertanggung jawab terhadap contoh kirim.


0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Blogger templates

Copyright © 2012. Syarat Tumbuh - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz