Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumen untuk Membeli

Konsumen dalam menentukan pilihannya untuk membeli suatu produk dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu sosial budaya, psikologis, dan pengalaman. Budaya dan nilai/norma-norma yang berlaku dalam kelompok masyarakat tertentu, kelas sosial dalam kelompok masyarakat, kelompok acuan yang menjadi contoh masyarakat/kelompok lain, dan keluarga sebagai orang terdekat yang secara langsung atau tidak langsung merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi seseorang dalam proses pengambilan keputusan untuk memebeli. Faktor berikutnya adalah faktor psikologis yaitu desakan/dorongan yang membangkitkan tindakan untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhannya.

Tindakan seseorang untuk memutuskan membeli suatu produk karena faktor psikologis melalui beberapa tahapan, yaitu tahap ”pengenalan masalah” dimana seseorang merasa membutuhkan dan menginginkan suatu produk. Tahapan berikutnya adalah “mencari informasi” tentang produk yang dibutuhkan, dapat melalui mas media, kerabat, ataupun media promosi dan informasi. Dari beberapa informasi yang diperoleh dilakukan suatu “ evaluasi dan seleksi alternatif” dan akhirnya dilakukan untuk memeutuskan suatu “pembelian produk” yang dianggap sesuai dengan kebutuhan (needs) dan keinginan (wants).

Pengalaman seseorang sesudah melakukan pembelian sutu produk sangat menentukan sikap dan perilakunya terhadap produk yang pernah dibelinya tersebut. Bila manfaat produk tersebut sesuai dengan apa yang diharapkannya (expectation) maka  orang tersebut  akan melakukan pembelian berikutnya, tetapi bila produk tersebut tidak memberikan manfaat yang sesuai dengan harapannya maka orang tersebut tidak akan membeli kembali, karena hal ini berkaitan dengan tingkat kepuasan konsumen terhadap produk yang telah dibelinya.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Blogger templates

Copyright © 2012. Syarat Tumbuh - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz