Tindakan seseorang untuk memutuskan membeli suatu produk karena faktor psikologis melalui beberapa tahapan, yaitu tahap ”pengenalan masalah” dimana seseorang merasa membutuhkan dan menginginkan suatu produk. Tahapan berikutnya adalah “mencari informasi” tentang produk yang dibutuhkan, dapat melalui mas media, kerabat, ataupun media promosi dan informasi. Dari beberapa informasi yang diperoleh dilakukan suatu “ evaluasi dan seleksi alternatif” dan akhirnya dilakukan untuk memeutuskan suatu “pembelian produk” yang dianggap sesuai dengan kebutuhan (needs) dan keinginan (wants).
Pengalaman seseorang sesudah melakukan pembelian sutu produk sangat menentukan sikap dan perilakunya terhadap produk yang pernah dibelinya tersebut. Bila manfaat produk tersebut sesuai dengan apa yang diharapkannya (expectation) maka orang tersebut akan melakukan pembelian berikutnya, tetapi bila produk tersebut tidak memberikan manfaat yang sesuai dengan harapannya maka orang tersebut tidak akan membeli kembali, karena hal ini berkaitan dengan tingkat kepuasan konsumen terhadap produk yang telah dibelinya.
0 komentar:
Posting Komentar