Pengertian Okulasi

Pengertian Okulasi
Okulasi (menempel, budding; red) adalah salah satu teknik perbaikan kualitas tanaman secara vegetatif buatan yang dilakukan dengan menempelkan mata tunas dari tanaman yang unggul ke batang tanaman lainnya. Sama seperti jenis perbanyakan vegetatif buatan lainnya, okulasi juga dilakukan untuk memperoleh bibit tanaman yang berkualitas baik. Namun, dibandingkan dengan tanaman yang dihasilkan cangkok dan stek, tanaman yang diperoleh dari okulasi akan memberikan kualitas yang lebih baik. Hal ini karena okulasi dapat menggabungkan 2 sifat unggul dari masing-masing bagian tanaman yang diokulasikan yakni sifat unggul batang bawah (contohnya perakaran yang kuat) dan sifat unggul dari tanaman entres (buah yang lebat). Tidak berbeda dengan sambung, okulasi biasanya dilakukan dengan menggabungkan tanaman-tanaman yang masih dalam satu spesies. Okulasi antartanaman yang berbeda spesies jarang dilakukan karena tingkat keberhasilannya sangat rendah, hal ini disebabkan oleh perbedaan sifat fisiologis dari masing-masing spesies menghambat penyatuan batang atas dan batang bawah.

Waktu Okulasi
Untuk memperoleh jumlah keberhasilan yang tinggi, okulasi sebaiknya dilakukan ketika kulit tanaman yang akan diokulasi mudah dikelupas dari kayunya. Saat tersebut biasanya terjadi ketika pembelahan sel-sel di kambium tengah berjalan aktif yang dibeberapa tanaman ditandai oleh pertumbuhan daun muda pada ujung cabang. Setiap tanaman memiliki masa pembelahan sel aktif pada waktu yang berbeda-beda, sebagian ada yang musim panas, sebagian lainnya terjadi pada musim kemarau.
 

Cara Ampuh Mengobati Bisul secara Alami


1 komentar:

Unknown mengatakan...

Dengan metode okulasi ini, kualitas tanaman menjadi lebih tinggi karena dilakukan penempelan dari bibit varietas unggul.

bibit tanaman buah (bibit jeruk,kelengkeng,durian dll)

Posting Komentar

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Blogger templates

Copyright © 2012. Syarat Tumbuh - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz